RANGKUMAN MODUL G PEDAGOGIK KP. 3 HAMBATAN DAN SOLUSI KOMUNIKSI EFEKTIF


Disusun oleh:
Siti Aminah
Sumber : Modul G Pedagogik Komunikasi Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 :
HAMBATAN DAN SOLUSI KOMUNIKASI EFEKTIF (RANGKUMAN)

Kompetensi pedagogik menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Di antaranya guru harus memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain, selanjutnya, guru juga harus mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara klasikal dari :

1)    penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh,
2)    ajakan kepadapeserta didik untuk ambil bagian,
3)    respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan
4)    reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

Secara umum hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi dapat berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal).

a.    Hambatan internal, berasal dari diri peserta didik atau pembelajar itu sendiri.   Dapat berupa hambatan psikologis (minat, sikap, pendapat, kepercayaan, intelegensi, pengetahuan, dll) dan hambatan fisik (kelelahan, sakit, keterbatasan daya indera, dan cacat tubuh).

b.    Hambatan eksternal, berasal dari lungkungan pembelajar. Dapat berupa hambatan kultural (adat-istiadat, kepercayaan, norma sosial, dan niali-nilai panutan) dan hambatan lingkungan (suasana yang panas, bising, dan berjubel).

Untuk menghindari ataupun mengatasi ganggguan internal guru harus memfasilitasi peserta didik agar mereka mampu mengungkapkan gagasan atau ide dalam komunikasi baik lisan maupun tulisan. Misalnya, memberi waktu beberapa saat kepada peserta didik, memancing dengan memberikan beberapa kata, ataupun memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menuliskan gagasan atau ide sebelum mengungkapkan secara lisan.

Untuk menghindari atau mengatasi hambatan eksternal, guru mengatur strategi komunikasi dan pengaturan lingkungan belajar, sehingga komunikasi dapat terlaksana dengan efektif. Contohnya dengan cara mengatur posisi duduk, menggunakan media yang sesuai dan jelas, pemilihan tema pembelajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan adat istiadat,
kepercayaan, norma sosial.


Untuk mencapai komunikasi efektif dalam pembelajaran guru sebaiknya mampu mengidentifikasi hambatan komunikasi yang muncul dalam proses pembelajaran, dan guru diharapkan mampu mengatasi hambatan yang kemungkinan muncul dalam proses pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MODUL F KP 2 SINEMATOGRAFI

DASAR-DASAR TATA CAHAYA

Pengertian Film, Jenis-jenis film