RANGKUMAN MODUL F PEDAGOGIK KP 2 PERAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Disususn oleh :


PERAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Gambaran
pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi adalah untuk meningkatkan kualitas
dan efektivitas pembelajaran.
Pengertian TIK menurut beberapa ahli Teknologi informasi,
diantaranya sebagai berikut.
1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan
elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan
mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus
Oxford, 1995)
2. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer
(software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi,
melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin,
1999)
3. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang
diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas,
2000)
Keuntungan pemanfaatan komputer sebagai alat bantu dalam proses
belajar menurut Heinich dkk. (1986): Memungkinkan peserta didik belajar sesuai
dengan kemampuan dan kecepatannya, dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas
belajarnya. Bahkan komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif. Bagi
peserta didik yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu
efektivitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
Kewajiban guru memanfaatkan TIK tercermin dalam Permendiknas Nomor
16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Standar yang memuat daftar kompetensi pedagogik, kepribadian, professional
dan sosial yang terintegrasi dalam kinerja seorang pendidik. Ditegaskan dalam
kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional untuk semua kelompok guru
(PAUD/TK/RA, SD/MI, Mata pelajaran), tentang kompetensi memanfaatkan TIK.
Kebijakan pemerintah dalam menerapkan Sistem Pembelajaran
berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
(SNP), membawa implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan,
pengembangan dan pelaksanaan kurikulum yang dapat dan memungkinkan peserta
didik proaktif mencari berbagai sumber belajar berbasis teknologi.
Gambar 1. Sistem Pembelajaran
Implikasi dari kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran berbasis
TIK mengacu pada peraturan pemerintah tersebut menempatkan bahwa ilmu pengetahuan
dan teknologi merupakan satu kelompok mata pelajaran. Hal ini didukung oleh
Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Kerangka Dasar Kurikulum, yang mengharuskan
proses pembelajaran mengarahkan kepada guru untuk mengenal, menyikapi dan
mengapresiasi IPTEK sebagai kebutuhan dalam pemberian pengalaman belajar.
Berdasarkan peran untuk mewujudkan efektifitas dan optimasi pembelajaran,
maka TIK dapat digunakan sebagai media pembelajaran melalui presentasi Powerpoint;
CD/Multimedia pembelajaran interaktif video pembelajaran internet.
Fungsi TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar, terdiri
atas dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk lebih jelasnya
gambaran tentang fungsi TIK dalam pembelajaran dapat dilihat sebagai berikut.
Gambar 2. Fungsi Teknologi
Informasi
Fungsi perangkat teknologi masukan (input) adalah untuk
penangkap informasi dari sumber, contoh teknologi ini, antara lain barcode
scanner dan keyboard. Fungsi perangkat teknologi keluaran (output),
umumnya informasi ditampilkan pada monitor dan hasil print (hard copy).
Perangkat lunak, memiliki kandungan isi dan infrastruktur yang
fungsinya sebagai alat yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi),
pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.
Teknologi penyimpan menyangkut segala peralatan yang digunakan
untuk menyimpan data. Beberapa penyimpan data adalah hard disk, disket, flash
disk.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan
jarak jauh, contoh Internet dan ATM. Mesin pemroses berfungsi untuk mengingat
data/program danmengeksekusi program ( komponen CPU).
Perangkat teknologi Hardware, terbagi menjadi tiga, yaitu:
(a) Perangkat Keras di luar Casing; (b) Perangkat Keras di dalam Casing, (c).
Perangkat Keras Tambahan, lihat Gambar 3 di bawah ini.
Gambar 3. Kelompok Perangkat
Teknologi Hardware
Jenis-jenisnya software: (a) Software Sistem : induk
dari software yang harus ada di dalam komputer, macamnya : Ms DOS; Ms
Windows; Linux (system berbasis Unix); Macintosh. (b) Software Aplikasi
: berfungsi untuk pengolahan data sesuai kebutuhan. contoh : Ms Office dan
aplikasi lainnya.
Pemanfaatan TIK di dunia pendidikan melalui berbagai jenis
aplikasi, al: Elearning, Online Courses, Electronic Library,
Computer Aided Instruction (CAI) dan berbagai jenis aplikasi lainnya.
Gambar 4. Jaringan Komputer
Komentar
Posting Komentar