RANGKUMAN MODUL G PEDAGOGIK KP. 2 STRATEGI, MODEL, METODE, DAN TEKNIK KOMUNIKASI


Disusun oleh: 
Siti Aminah
Sumber: Modul Pedagogik G Komunikasi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 :
STRATEGI, MODEL, METODE, DAN TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM
PEMBELAJARAN

Agar tujuan pembelajaran tercapai, komunikasi antara guru dan peserta didik haruslah baik. Komunikasi yang efektif inilah yang menjadi salah satu kunci dari keberhasilan seorang guru. Dengan komunikasi yang baik dan efektif, materi pelajaran akan terserap dan tersampaikan dengan baik oleh peserta didik. Guru pun harus dengan jelas menginstruksikan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik. Pujian, motivasi, dan penguatanpun harus diberikan kepada peserta didik agar mereka dapat bekerja lebih baik serta menghidupkan suasana kelas. Oleh karena itu, salah satu kemampuan seorang guru dalam mengelola kelas ditentukan oleh komunikasi yang efektif.

Ada beberapa model komunikasi berdasarkan teori belajar
a.    Model mekanistik
b.    Model interaksional
c.    Model psikologis
d.    Model pragmatis

Adapun metode dan teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran
a.    Metode Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
b.    Teknik Komunikasi Efektif

Berikut contoh penerapan komunikasi aktif dalam pembelajaran:

a. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga murid, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut murid untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
b.    Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan murid, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
c.  Guru menanggapi pertanyaan murid secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
d.    Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
e.    Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban murid baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman murid.
f.     Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada murid.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MODUL F KP 2 SINEMATOGRAFI

DASAR-DASAR TATA CAHAYA

Pengertian Film, Jenis-jenis film