RANGKUMAN MODUL G PEDAGOGIK KP. 2 STRATEGI, MODEL, METODE, DAN TEKNIK KOMUNIKASI
Disusun oleh:
Siti Aminah
Sumber: Modul Pedagogik G Komunikasi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 :
STRATEGI, MODEL, METODE, DAN TEKNIK KOMUNIKASI
EFEKTIF DALAM
PEMBELAJARAN
Agar tujuan pembelajaran tercapai, komunikasi
antara guru dan peserta didik haruslah baik. Komunikasi yang efektif inilah
yang menjadi salah satu kunci dari keberhasilan seorang guru. Dengan komunikasi
yang baik dan efektif, materi pelajaran akan terserap dan tersampaikan dengan baik
oleh peserta didik. Guru pun harus dengan jelas menginstruksikan apa yang harus
dilakukan oleh peserta didik. Pujian, motivasi, dan penguatanpun harus
diberikan kepada peserta didik agar mereka dapat bekerja lebih baik serta
menghidupkan suasana kelas. Oleh karena itu, salah satu kemampuan seorang guru
dalam mengelola kelas ditentukan oleh komunikasi yang efektif.
Ada beberapa model
komunikasi berdasarkan teori belajar
a. Model
mekanistik
b. Model
interaksional
c. Model
psikologis
d. Model
pragmatis
Adapun metode dan
teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran
a. Metode
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
b. Teknik
Komunikasi Efektif
Berikut contoh
penerapan komunikasi aktif dalam pembelajaran:
a. Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga murid, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut murid untuk menjawab dengan ide dan
pengetahuan mereka.
b. Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan murid,
tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
c. Guru
menanggapi pertanyaan murid secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan
pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
d. Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antar peserta didik.
e. Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban murid baik yang
benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman murid.
f. Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada murid.
Komentar
Posting Komentar