Postingan

RANGKUMAN MODUL F PEDAGOGIK KP 6 MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING

Gambar
Disusun : Siti Aminah Sumber : Modul F Pedagogik Penerapan TIK Dalam Pembelajaran http://docplayer.info/32554139-Panduan-singkat-penggunaan-e-learning-berbasis-moodle-untuk-guru.html KEGIATAN PEMBELAJARAN – 6 MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING (RINGKASAN) Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learnin Management System (LMS) yang disebut Moodle . Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan. E-learning materi dibuat terorganisir dalam format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif). Persiapan materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah dibuat serta memerlukan program mapping. Program mapping ini   bertujuan untuk memudahkan teacher dalam melak

RANGKUMAN MODUL F PEDAGOGIK KP 5 MENGAPLIKASIKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Gambar
Disususn Oleh: Siti Aminah Sumber : Modul F Pedagogik Penerapan  TIK  Pembelajaran  KEGIATAN PEMBELAJARAN – 5 MENGAPLIKASIKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN (RANGKUMAN) Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media yang berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll.yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi) dan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Gambar 1. Komponen Multimedia Pembelajaran multimedia melibatkan indera penglihatan dan pendengaran. Asyhar, (2011: 45) mendefinisikan multimedia sebagai media yang menghasilkan bunyi dan teks, TV, presentasi Powerpoint berupa teks, gambar bersuara sudah dapat dikatakan multimedia. 1.   Multimedia Pembelajaran Rossi dan Breidle (1966), mengemukakan media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, wirless dan sebagainya. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu mu

RANGKUMAN MODUL F PEDAGOGIK KP 4 MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN

Gambar
Disusun oleh: Siti Aminah Sumber : Modul F Pedagogik Penerapan TIK dalam Pembelajaran KEGIATAN PEMBELAJARAN – 4 MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (RANGKUMAN) Menurut Gagne dan Briggs (1975), media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, seperti buku, tape-recorder, kaset, video kamera, visio recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan komputer. Jadi yang dimaksud media pembelajaran segala sesuatu yang sudah berisi materi pembelajaran, yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai indikator kompetensi pada rana kognitif (pengetahuan); afektif (perubahan sikap) dan dan psikomotorik (keterampilan). Media pembelajaran memiliki peran yang cukup penting untuk menunjang keberhasilan sistem pendidikan nasional dalam era globalisasi yang bercirikan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Heinich, Molenda, dan Russel (1990) menyatakan bahwa media is a channel of communication . Derived from the Latin word for