CONTOH LAPORAN DIKLAT
CONTOH LAORAN DIKLAT BAPAK
SUNARYO
LAPORAN
DIKLAT
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMIS DI
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAANPENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG
MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG
TANGGAL 28 NOPEMBER S.D 09DESEMBER 2016
Di
susunoleh :
Sunaryo,
S.Pd
LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSIGURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMISDI PUSAT
PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DANTENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN
TEKNIK INDUSTRI BANDUNG
A. DASAR
PELAKSANA
1.SuratPanggilanDiklat
Program PeningkatanKompetensi Guru
PembelajarFisikaModulListrikDinamistertanggal 21 November 2016 Nomor
4618/B14/DL/2018.
2. SuratPerintahTugasdarikepala
SMK Negeri 3 TahunauntukmengikutiProgram PeningkatanKompetensi Guru PembelajarFisikaModulListrikDinamistanggal
23 November 2016Nomor421/SMKN3/449.
B. TUJUAN
Tujuan dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Fisika modul Listrik Dinamis adalah:
a. memberikan pengetahuan tentang arah Kebijakan Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan kejuruan;
b. memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kemampuan
pedagogis khususnya dalam hal menyusun rancangan pembelajaran pada kelompok
fisika.
c. Berkomunikasi secara efektif, emaptik, dan santun dengan
peserta didik dengan bahas ayang khas dalam interaksi kegiatan / permainan
mendidik yang terbangun secara siklikal dari
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya.
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya.
C. WAKTU DAN
TEMPAT PELAKSANAAN
Diklat Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Fisika Modul Listrik Dinamis dilaksanakan di Pusat Pengembangan Dan
Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri
Bandung 28November s.d09Desember 2016.
D. DESKRIPSI MATERI
1. Program Umum
Kebijakan Kemendikbud
berisi tentang kebujakan-kebijakan terkait dengan Pembinaan dan Pengembangan
Profesi Guru serta Program Guru Pembelajar
2. Program Pokok
a. Pedagogi berisikan tentang karakteristik
peserta didik berkaitan dengan aspek intelektual, emosional, sepiritual dan
kesulitan belajar dalam mata didikan diampu
b. Listrik Dinamis berisi antara lain materi
ini, menjelaskan konsep arus, menentukan faktor-faktor besarnya hambatan,
merumuskan hukum Ohm, merumuskan hukum I Kirchooff, menjelaskan konsep tegangan
dan hukum II Kirchoof, dan menentukan faktor besar energi dan daya listrik arus
searah
3. Tes Akhir
Tes akhir dilakukan untuk
memperoleh gambaran sejauh mana materi yang diberikan selama Peningkatan
Kompetensi Guru Pembelajar berlangsung dapat dimengerti, seberapa besar
efek atau pengaruh dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang telah
dilakukan, dan bagian mana dari materi Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
yang sebagian besar belum dipahami oleh peserta.
E. PANITIA DAN NARA SUMBER
Panitia Pelaksana dan Tenaga Pengajar adalah
Staf/Widyaiswara PPPPTK BMTI, dengan susunan sebagai berikut :
1. Panitia :
Ketua
: Dr. Slamet Mugiono, M.Si
Anggota
: Dodi Nuryahya, M.Pd
2. Tenaga Pengajar / Nara Sumber:
No
|
Materi
|
Pengajar/ Nara Sumber
|
1
|
Kebijakan Pengembangan Guru dan Program Guru Pembelajar
|
Drs. Marthen Katte Patiung, MM
|
2
|
Pedagogik
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah
Wahyuningsih
|
a
|
Karakteristik Peserta Didik
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah
Wahyuningsih
|
3
|
Profesional
|
|
a
|
Listrik Dinamis
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah
Wahyuningsih
|
F. PESERTA
PesertaDiklat Program Peningkatan
Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis18 sekolah, dan yang mengikuti 15 belas sekolah yaitu :
1. SMKNegeri 2PPU Balikpapan, Rahmadani
Ahmad
2. SMKNegeri6Balikpapan, Ir. R.R, Novi Satrijani
3. SMK
Negeri1Purwakarta, Andita Nur Raflia Sari, ST
4. SMKNegeri4Pandeglang, Pandeglang, Raumanen Zarah Dewi, S.Pd
5. SMK Negeri 3 Tahuna,
Sangihe, Sunaryo, S.Pd
6. SMK negeri 1 Cipunagara,
Subang, Diah Nurhidayati, S.Pd
7. SMK Pondok Pesantren
Madinatul Ilmi Dolo, Palu, Masludin, S.Pd
8. SMKNegeri 1 Leuwimunding, Majalengka, Lengga Anis Yulia Fitriana,
S.Pd
9. SMK Yadika 7, Bekasi, Bekasi, Meyberlindawati Nahampun,
S.Pd
10. SMK Negeri 1 Taopa, Parigi Mutong, Rahma Lestari, S.Pd
11. SMKS Tinta Emas Indonesia, Bekasi, Faizal
12. SMK Hegeri 2 Unaaha, Konawe, Isnawati, S.Pd
13. SMK Abdi Negara 1 Bekasi, Bekasi, Masnur Wijayadi, S.Pd
14. SMK Negeri 1 Duhiadaa, Pahuwato, Siska B Mointi, S.Pd
15. SMK Islam Attur Mudziyyah, Garut, Eva Siti Roseva, S.Pd
G. HASIL
YANG DICAPAI
Setelah menyelesaikan Peningkatan Kompetensi Guru
Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis, eserta diharapkan memiliki kompetensi
dan mampu mengimplementasikan hal-hal berikut ini :
a. Mengidentifikasi peserta didik aspek berkomunikasi secara
efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
b. Menjelaskan konsep arus
c. Menentukan faktor-faktor besarnya hambatan
d. Merumuskan hukum Ohm
e. Mengaplikasikan hukum I Kirchoff
f. Menjelaskan konsep tegangan jepit dan hukum II Kirchoff
g. Menentikan faktor besar energi dan daya pada listrik arus
searah
h. Mengaplikasikan hukum Ohm dan hukum Kiechoff dalam
kehidupan sehari-hari
i. Menjelaskan prisip kerja alat listrik seperti
galvanometer
j. Menjelaskan konsep listrik arus bolak-balik
k. Menggunakan Osilskop
l. Menjelaskan sifat resistor, induktor dn kapasitor murni
dalam rangkaian listrik arus bolak-balik
m. Menjelaskan sifat dan persamaan rangkaian R-L seri, R-C
seri, R-L-C dan R-L-C paralel
n. Menentukan frekuensi resonaansi pada rangkaian R-L-C seri
o. Menentukan besarnya daya listrik bolak-balik
Tahuna, 23Desember 2016
Penyusun:
Sunaryo, S.Pd
NIP. 19680513 199303 1 005
LAMPIRANFOTO
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HAMBATAN JENIS KAWAT
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
TENTANG HUKUM I KIRCHOFF
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM KIRCHOFF PADA RANGAKAIAN PARALEL
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM OHM
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
ARUS BOLAK-BALIK
LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR
FISIKA MODUL LISTRIK DINAMIS DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAANPENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG
TANGGAL 28 NOPEMBER S.D 09DESEMBER 2016
Di susunoleh :
Sunaryo, S.Pd
LAPORAN
DIKLAT
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSIGURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMISDI PUSAT
PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DANTENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN
TEKNIK INDUSTRI BANDUNG
A. DASAR PELAKSANA
1. SuratPanggilanDiklat
Program PeningkatanKompetensi Guru
PembelajarFisikaModulListrikDinamistertanggal 21 November 2016 Nomor
4618/B14/DL/2018.
2. SuratPerintahTugasdarikepala
SMK Negeri 3 TahunauntukmengikutiProgram PeningkatanKompetensi Guru
PembelajarFisikaModulListrikDinamistanggal 23 November 2016Nomor421/SMKN3/449.
B. TUJUAN
Tujuan dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika
modul Listrik Dinamis adalah:
a. memberikan pengetahuan tentang arah Kebijakan Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan kejuruan;
b. memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kemampuan
pedagogis khususnya dalam hal menyusun rancangan pembelajaran pada kelompok
fisika.
c. Berkomunikasi secara efektif, emaptik, dan santun dengan
peserta didik dengan bahas ayang khas dalam interaksi kegiatan / permainan
mendidik yang terbangun secara siklikal dari
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya.
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya.
C. WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Diklat Program Peningkatan
Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis dilaksanakan di Pusat
Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan
Teknik Industri Bandung 28November s.d09Desember 2016.
D. DESKRIPSI MATERI
1. Program Umum
Kebijakan Kemendikbud berisi tentang kebujakan-kebijakan
terkait dengan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru serta Program Guru
Pembelajar
2. Program Pokok
a. Pedagogi berisikan tentang karakteristik peserta didik
berkaitan dengan aspek intelektual, emosional, sepiritual dan kesulitan belajar
dalam mata didikan diampu
b. Listrik Dinamis berisi antara lain materi ini,
menjelaskan konsep arus, menentukan faktor-faktor besarnya hambatan, merumuskan
hukum Ohm, merumuskan hukum I Kirchooff, menjelaskan konsep tegangan dan hukum
II Kirchoof, dan menentukan faktor besar energi dan daya listrik arus searah
3. Tes Akhir
Tes akhir dilakukan untuk memperoleh gambaran sejauh mana
materi yang diberikan selama Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
berlangsung dapat dimengerti, seberapa besar efek atau pengaruh dari
Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang telah dilakukan, dan bagian mana
dari materi Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang sebagian besar belum
dipahami oleh peserta.
E. PANITIA
DAN NARA SUMBER
Panitia Pelaksana dan
Tenaga Pengajar adalah Staf/Widyaiswara PPPPTK BMTI, dengan susunan sebagai
berikut :
1. Panitia :
Ketua
: Dr. Slamet Mugiono, M.Si
Anggota :
Dodi Nuryahya, M.Pd
2. Tenaga Pengajar / Nara Sumber:
No
|
Materi
|
Pengajar/ Nara
Sumber
|
1
|
Kebijakan Pengembangan Guru dan
Program Guru Pembelajar
|
Drs. Marthen Katte Patiung, MM
|
2
|
Pedagogik
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah Wahyuningsih
|
a
|
Karakteristik Peserta Didik
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah Wahyuningsih
|
3
|
Profesional
|
|
a
|
Listrik Dinamis
|
· Priyo Wibowo
· Tabita Endah Wahyuningsih
|
F. PESERTA
PesertaDiklat Program Peningkatan
Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis18 sekolah, dan yang mengikuti 15
belas sekolah yaitu :
1. SMKNegeri 2PPU Balikpapan, Rahmadani Ahmad
2. SMKNegeri6Balikpapan, Ir. R.R, Novi
Satrijani
3. SMK
Negeri1Purwakarta, Andita Nur Raflia Sari, ST
4. SMKNegeri4Pandeglang, Pandeglang,
Raumanen Zarah Dewi, S.Pd
5. SMK Negeri 3 Tahuna, Sangihe, Sunaryo, S.Pd
6. SMK negeri 1 Cipunagara, Subang, Diah Nurhidayati, S.Pd
7. SMK Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, Palu, Masludin,
S.Pd
8. SMKNegeri 1 Leuwimunding,
Majalengka, Lengga Anis Yulia Fitriana, S.Pd
9. SMK Yadika 7, Bekasi, Bekasi, Meyberlindawati Nahampun,
S.Pd
10. SMK Negeri 1 Taopa, Parigi Mutong, Rahma Lestari, S.Pd
11. SMKS Tinta Emas Indonesia, Bekasi, Faizal
12. SMK Hegeri 2 Unaaha, Konawe, Isnawati, S.Pd
13. SMK Abdi Negara 1 Bekasi, Bekasi, Masnur Wijayadi, S.Pd
14. SMK Negeri 1 Duhiadaa, Pahuwato, Siska B Mointi, S.Pd
15. SMK Islam Attur Mudziyyah, Garut, Eva Siti Roseva, S.Pd
G. HASIL YANG DICAPAI
Setelah menyelesaikan
Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis, eserta
diharapkan memiliki kompetensi dan mampu mengimplementasikan hal-hal berikut
ini :
a. Mengidentifikasi peserta didik aspek berkomunikasi secara
efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
b. Menjelaskan konsep arus
c. Menentukan faktor-faktor besarnya hambatan
d. Merumuskan hukum Ohm
e. Mengaplikasikan hukum I Kirchoff
f. Menjelaskan konsep tegangan jepit dan hukum II Kirchoff
g. Menentikan faktor besar energi dan daya pada listrik arus
searah
h. Mengaplikasikan hukum Ohm dan hukum Kiechoff dalam
kehidupan sehari-hari
i. Menjelaskan prisip kerja alat listrik seperti
galvanometer
j. Menjelaskan konsep listrik arus bolak-balik
k. Menggunakan Osilskop
l. Menjelaskan sifat resistor, induktor dn kapasitor murni
dalam rangkaian listrik arus bolak-balik
m. Menjelaskan sifat dan
persamaan rangkaian R-L seri, R-C seri, R-L-C dan R-L-C paralel
n. Menentukan frekuensi resonaansi pada rangkaian R-L-C seri
o. Menentukan besarnya daya listrik bolak-balik
Tahuna, 23Desember 2016
Penyusun:
Sunaryo, S.Pd
NIP. 19680513 199303 1 005
LAMPIRANFOTO
PRAKTIKUM
LISTRIK DINAMIS
HAMBATAN
JENIS KAWAT
PRAKTIKUM
LISTRIK DINAMIS
TENTANG
HUKUM I KIRCHOFF
PRAKTIKUM
LISTRIK DINAMIS
HUKUM
KIRCHOFF PADA RANGAKAIAN PARALEL
PRAKTIKUM
LISTRIK DINAMIS
HUKUM
OHM
PRAKTIKUM
LISTRIK DINAMIS
ARUS
BOLAK-BALIK
LAMPIRAN 9
JADWAL
KEGIATAN
LAMPIRAN 9
JADWAL
KEGIATAN
Komentar
Posting Komentar