CONTOH LAPORAN DIKLAT


CONTOH LAORAN DIKLAT BAPAK SUNARYO
LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMIS DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAANPENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG

TANGGAL 28 NOPEMBER S.D 09DESEMBER 2016


            


Di susunoleh :
Sunaryo, S.Pd

LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSIGURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMISDI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DANTENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG

A.   DASAR PELAKSANA

1.SuratPanggilanDiklat Program PeningkatanKompetensi Guru PembelajarFisikaModulListrikDinamistertanggal 21 November 2016 Nomor 4618/B14/DL/2018.
2.   SuratPerintahTugasdarikepala SMK Negeri 3 TahunauntukmengikutiProgram PeningkatanKompetensi Guru PembelajarFisikaModulListrikDinamistanggal 23 November 2016Nomor421/SMKN3/449.

B.   TUJUAN

Tujuan dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis adalah:
a.     memberikan pengetahuan tentang arah Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan kejuruan;
b.     memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kemampuan pedagogis khususnya dalam hal menyusun rancangan pembelajaran pada kelompok fisika.
c.     Berkomunikasi secara efektif, emaptik, dan santun dengan peserta didik dengan bahas ayang khas dalam interaksi kegiatan / permainan mendidik yang terbangun secara siklikal dari 
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian   dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya
.

C.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Diklat Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis dilaksanakan di Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri Bandung 28November s.d09Desember 2016.

D.  DESKRIPSI MATERI

1.   Program Umum
Kebijakan Kemendikbud berisi tentang kebujakan-kebijakan terkait dengan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru serta Program Guru Pembelajar
2.   Program Pokok
a.   Pedagogi berisikan tentang karakteristik peserta didik berkaitan dengan aspek intelektual, emosional, sepiritual dan kesulitan belajar dalam mata didikan diampu
b.   Listrik Dinamis berisi antara lain materi ini, menjelaskan konsep arus, menentukan faktor-faktor besarnya hambatan, merumuskan hukum Ohm, merumuskan hukum I Kirchooff, menjelaskan konsep tegangan dan hukum II Kirchoof, dan menentukan faktor besar energi dan daya listrik arus searah

3.   Tes Akhir
Tes akhir dilakukan untuk memperoleh gambaran sejauh mana materi yang diberikan selama Peningkatan Kompetensi Guru  Pembelajar berlangsung dapat dimengerti, seberapa besar efek atau pengaruh dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang telah dilakukan, dan bagian mana dari materi Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang sebagian besar belum dipahami oleh peserta.

E.   PANITIA DAN NARA SUMBER

Panitia Pelaksana dan Tenaga Pengajar adalah Staf/Widyaiswara PPPPTK BMTI, dengan susunan sebagai berikut :
1.   Panitia :
Ketua            : Dr. Slamet Mugiono, M.Si
Anggota         : Dodi Nuryahya, M.Pd
2.   Tenaga Pengajar / Nara Sumber:
No
Materi
Pengajar/ Nara Sumber
1
Kebijakan Pengembangan Guru dan Program Guru Pembelajar
Drs. Marthen Katte Patiung, MM
2
Pedagogik
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih
a
Karakteristik Peserta Didik
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih
3
Profesional

a
Listrik Dinamis
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih

F.   PESERTA

PesertaDiklat Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis18 sekolah, dan yang mengikuti 15 belas sekolah yaitu :
1.        SMKNegeri 2PPU Balikpapan, Rahmadani Ahmad
2.        SMKNegeri6Balikpapan, Ir. R.R, Novi Satrijani
3.        SMK Negeri1Purwakarta, Andita Nur Raflia Sari, ST
4.        SMKNegeri4Pandeglang, Pandeglang, Raumanen Zarah Dewi, S.Pd
5.        SMK Negeri 3 Tahuna, Sangihe, Sunaryo, S.Pd
6.        SMK negeri 1 Cipunagara, Subang, Diah Nurhidayati, S.Pd
7.        SMK Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, Palu, Masludin, S.Pd
8.        SMKNegeri 1 Leuwimunding, Majalengka, Lengga Anis Yulia Fitriana, S.Pd
9.        SMK Yadika 7, Bekasi, Bekasi, Meyberlindawati Nahampun, S.Pd
10.        SMK Negeri 1 Taopa, Parigi Mutong, Rahma Lestari, S.Pd
11.        SMKS Tinta Emas Indonesia, Bekasi, Faizal
12.        SMK Hegeri 2 Unaaha, Konawe, Isnawati, S.Pd
13.        SMK Abdi Negara 1 Bekasi, Bekasi, Masnur Wijayadi, S.Pd
14.        SMK Negeri 1 Duhiadaa, Pahuwato, Siska B Mointi, S.Pd
15.        SMK Islam Attur Mudziyyah, Garut, Eva Siti Roseva, S.Pd

G.  HASIL YANG DICAPAI
Setelah menyelesaikan Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis, eserta diharapkan memiliki kompetensi dan mampu mengimplementasikan hal-hal berikut ini :
a.   Mengidentifikasi peserta didik aspek berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
b.   Menjelaskan konsep arus
c.   Menentukan faktor-faktor besarnya hambatan
d.   Merumuskan hukum Ohm
e.   Mengaplikasikan hukum I Kirchoff
f.    Menjelaskan konsep tegangan jepit dan hukum II Kirchoff
g.   Menentikan faktor besar energi dan daya pada listrik arus searah
h.   Mengaplikasikan hukum Ohm dan hukum Kiechoff dalam kehidupan sehari-hari
i.     Menjelaskan prisip kerja alat listrik seperti galvanometer
j.    Menjelaskan konsep listrik arus bolak-balik
k.   Menggunakan Osilskop
l.     Menjelaskan sifat resistor, induktor dn kapasitor murni dalam rangkaian listrik arus bolak-balik
m. Menjelaskan sifat dan persamaan rangkaian R-L seri, R-C seri, R-L-C dan R-L-C paralel
n.   Menentukan frekuensi resonaansi pada rangkaian R-L-C seri
o.   Menentukan besarnya daya listrik bolak-balik




Tahuna, 23Desember 2016
Penyusun:

                                                         



                                                       Sunaryo, S.Pd
                                              NIP. 19680513 199303 1 005


         




























LAMPIRANFOTO
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HAMBATAN JENIS KAWAT

PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
TENTANG HUKUM I KIRCHOFF








PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM KIRCHOFF PADA RANGAKAIAN PARALEL
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM OHM
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
ARUS BOLAK-BALIK




LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMIS DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAANPENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG

TANGGAL 28 NOPEMBER S.D 09DESEMBER 2016


            


Di susunoleh :
Sunaryo, S.Pd

LAPORAN
DIKLAT PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSIGURU PEMBELAJAR FISIKA MODUL LISTRIK DINAMISDI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DANTENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI BANDUNG

A.   DASAR PELAKSANA

1.   SuratPanggilanDiklat Program PeningkatanKompetensi Guru PembelajarFisikaModulListrikDinamistertanggal 21 November 2016 Nomor 4618/B14/DL/2018.
2.   SuratPerintahTugasdarikepala SMK Negeri 3 TahunauntukmengikutiProgram PeningkatanKompetensi Guru PembelajarFisikaModulListrikDinamistanggal 23 November 2016Nomor421/SMKN3/449.

B.   TUJUAN

Tujuan dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis adalah:
a.     memberikan pengetahuan tentang arah Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan kejuruan;
b.     memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kemampuan pedagogis khususnya dalam hal menyusun rancangan pembelajaran pada kelompok fisika.
c.     Berkomunikasi secara efektif, emaptik, dan santun dengan peserta didik dengan bahas ayang khas dalam interaksi kegiatan / permainan mendidik yang terbangun secara siklikal dari
(c.a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian   dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (c.b) ajakan kepadas peserta didik untuk ambil bagian (c.c) respon peserta didik terhadap ajakan guru, dan (c.d) reaksi guru terhadap respon peserta didik , dan seterusnya
.

C.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Diklat Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis dilaksanakan di Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri Bandung 28November s.d09Desember 2016.

D.  DESKRIPSI MATERI

1.   Program Umum
Kebijakan Kemendikbud berisi tentang kebujakan-kebijakan terkait dengan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru serta Program Guru Pembelajar
2.   Program Pokok
a.   Pedagogi berisikan tentang karakteristik peserta didik berkaitan dengan aspek intelektual, emosional, sepiritual dan kesulitan belajar dalam mata didikan diampu
b.   Listrik Dinamis berisi antara lain materi ini, menjelaskan konsep arus, menentukan faktor-faktor besarnya hambatan, merumuskan hukum Ohm, merumuskan hukum I Kirchooff, menjelaskan konsep tegangan dan hukum II Kirchoof, dan menentukan faktor besar energi dan daya listrik arus searah

3.   Tes Akhir
Tes akhir dilakukan untuk memperoleh gambaran sejauh mana materi yang diberikan selama Peningkatan Kompetensi Guru  Pembelajar berlangsung dapat dimengerti, seberapa besar efek atau pengaruh dari Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang telah dilakukan, dan bagian mana dari materi Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang sebagian besar belum dipahami oleh peserta.

E.   PANITIA DAN NARA SUMBER

Panitia Pelaksana dan Tenaga Pengajar adalah Staf/Widyaiswara PPPPTK BMTI, dengan susunan sebagai berikut :
1.   Panitia :
Ketua            : Dr. Slamet Mugiono, M.Si
Anggota         : Dodi Nuryahya, M.Pd
2.   Tenaga Pengajar / Nara Sumber:
No
Materi
Pengajar/ Nara Sumber
1
Kebijakan Pengembangan Guru dan Program Guru Pembelajar
Drs. Marthen Katte Patiung, MM
2
Pedagogik
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih
a
Karakteristik Peserta Didik
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih
3
Profesional

a
Listrik Dinamis
·      Priyo Wibowo
·      Tabita Endah Wahyuningsih

F.   PESERTA

PesertaDiklat Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika Modul Listrik Dinamis18 sekolah, dan yang mengikuti 15 belas sekolah yaitu :
1.        SMKNeger2PPU Balikpapan, Rahmadani Ahmad
2.        SMKNegeri6Balikpapan, Ir. R.R, Novi Satrijani
3.        SMK Negeri1Purwakarta, Andita Nur Raflia Sari, ST
4.        SMKNegeri4Pandeglang, Pandeglang, Raumanen Zarah Dewi, S.Pd
5.        SMK Negeri 3 Tahuna, Sangihe, Sunaryo, S.Pd
6.        SMK negeri 1 Cipunagara, Subang, Diah Nurhidayati, S.Pd
7.        SMK Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, Palu, Masludin, S.Pd
8.        SMKNegeri 1 Leuwimunding, Majalengka, Lengga Anis Yulia Fitriana, S.Pd
9.        SMK Yadika 7, Bekasi, Bekasi, Meyberlindawati Nahampun, S.Pd
10.        SMK Negeri 1 Taopa, Parigi Mutong, Rahma Lestari, S.Pd
11.        SMKS Tinta Emas Indonesia, Bekasi, Faizal
12.        SMK Hegeri 2 Unaaha, Konawe, Isnawati, S.Pd
13.        SMK Abdi Negara 1 Bekasi, Bekasi, Masnur Wijayadi, S.Pd
14.        SMK Negeri 1 Duhiadaa, Pahuwato, Siska B Mointi, S.Pd
15.        SMK Islam Attur Mudziyyah, Garut, Eva Siti Roseva, S.Pd

G.  HASIL YANG DICAPAI
Setelah menyelesaikan Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Fisika modul Listrik Dinamis, eserta diharapkan memiliki kompetensi dan mampu mengimplementasikan hal-hal berikut ini :
a.   Mengidentifikasi peserta didik aspek berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
b.   Menjelaskan konsep arus
c.   Menentukan faktor-faktor besarnya hambatan
d.   Merumuskan hukum Ohm
e.   Mengaplikasikan hukum I Kirchoff
f.    Menjelaskan konsep tegangan jepit dan hukum II Kirchoff
g.   Menentikan faktor besar energi dan daya pada listrik arus searah
h.   Mengaplikasikan hukum Ohm dan hukum Kiechoff dalam kehidupan sehari-hari
i.     Menjelaskan prisip kerja alat listrik seperti galvanometer
j.    Menjelaskan konsep listrik arus bolak-balik
k.   Menggunakan Osilskop
l.     Menjelaskan sifat resistor, induktor dn kapasitor murni dalam rangkaian listrik arus bolak-balik
m. Menjelaskan sifat dan persamaan rangkaian R-L seri, R-C seri, R-L-C dan R-L-C paralel
n.   Menentukan frekuensi resonaansi pada rangkaian R-L-C seri
o.   Menentukan besarnya daya listrik bolak-balik




Tahuna, 23Desember 2016
Penyusun:

                                                         



                                                Sunaryo, S.Pd
                             NIP. 19680513 199303 1 005


         




























LAMPIRANFOTO
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HAMBATAN JENIS KAWAT

PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
TENTANG HUKUM I KIRCHOFF








PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM KIRCHOFF PADA RANGAKAIAN PARALEL
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
HUKUM OHM
PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS
ARUS BOLAK-BALIK









LAMPIRAN  9
JADWAL KEGIATAN






LAMPIRAN  9
JADWAL KEGIATAN



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MODUL F KP 2 SINEMATOGRAFI

DASAR-DASAR TATA CAHAYA

Pengertian Film, Jenis-jenis film